GRUP KERONCONG MODERN JOGYAKARTA

GRUP KERONCONG MODERN JOGYAKARTA
Grup keroncong modern Jogyakarta
Grup keroncong modern Jogyakarta

Keroncong, musik yang sudah sering saya bahas di blog saya ini memang masih jenis musik yang banyak di gandrungi orang tua, tapi jangan salah di Jogja sudah mulai bermunculan grup keroncong modern anak muda ditengah terancamnya regenerasi keroncong di Indonesia. Salah satu grup keroncong modern wanita di kota gudeg ini memiliki nama grup keroncong modern unik.  Grup keroncong modern yang berdiri pada pertengahan 2009 di kota Jogja, orkes keroncong modern ini berdiri atas inisiatif srikandi-srikandi keroncong muda jogja untuk lebih melestarikan keroncong agar tidak punah karena faktor regenerasi dan kurangnya apresiasi terhadap musik asli rakyat yang menjadi salah satu ciri khas Indonesia. Atas dasar kecintaan dan kepedulian mereka terhadap musik keroncong terbentuklah grup keroncong modern yang memadukan keroncong asli dengan musik masa kini. Mereka belajar musik keroncong dari beberapa senior grup keroncong asli yang masih peduli dengan regenerasi musik keroncong , dan juga melakukan latihan sendiri secara swadaya secara rutin di Jogya.

GAYA ORKES KERONCONG MODERN MASA KINI

Grup keroncong modern
Grup Keroncong modern

Merupakan grup keroncong asli  yang memadukan lagu  keroncong dengan lagu masa kini yang dibawakan dengan gaya grup keroncong modern ini tampaknya lebih diminati selain penampilan muda dan wanita semua personilnya merubah paradigma  grup kroncong asli klasik yang biasanya hanya penyanyi saja yang wanita. Musik dari grup keroncong modern ini mudah dicerna oleh telinga siapa saja  sehingga grup ini cepat mencuri perhatian para pecinta musik khas keroncong dan masyarakat umum secara luas. 

GRUP KERONCONG MODERN WANITA 

Grup keroncong modern wanita
Grup keroncong modern wanita

Sejak awal berdiri grup keroncong modern ini sudah aktif dalam acara atau pagelaran musik musik keroncong di Jogja maupun luar Jogja. Mereka pernah memeriahkan pagelaran Simphony Kerontjong Moeda 2011.  Grup keroncong modern  ini semakin aktif dan  dikenal  di kalangan pecinta musik keroncong. Selain  terlihat lebih muda dan tidak terkesan jadul, mereka juga menjadi grup keroncong modern wanita pertama yang semua anggotanya anak muda. Dari itu semua lah banyak pihak yang memperhatikan mereka, sampai mereka diminta untuk menjadi talent di acara Jam Malam Trans7. Dan karena itu mereka menjadi lebih di kenal masyarakat luas tidak hanya di jogjakarta tapi di kota-kota besar lain. Sehingga mereka sering tampil memenuhi  undangan dan permintaan dari luar kota seperti seperti Jakarta , Semarang , Solo , Malang, Surabaya  dll.


FORMAT GRUP KERONCONG MODERN  

Genre : Keroncong Modern
Personil : Mehta...........Cak
              Yustina...........Violin
               Ariani............Bass
               Firli...............Vocal
               Dini..............Cello
               Septi.............Cuk
               Nisag.............Flute

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Support by SEO Master Jakarta